Mahasiswa Norak

Rabu, 24 Juni 2015

Erau Kota Raja

01.54 Posted by giff No comments
APA ITU ERAU?


Erau adalah sebuah tradisi budaya Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun dengan pusat kegiatan di kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Erau berasal dari bahasa Kutai, eroh yang artinya ramai, riuh, ribut, suasana yang penuh sukacita. Suasana yang ramai, riuh rendah suara tersebut dalam arti: banyaknya kegiatan sekelompok orang yang mempunyai hajat dan mengandung makna baik bersifat sakral, ritual, maupun hiburan.

Pada awalnya, Festival Erau ini diadakan setiap 4 tahun sekali. Namun sekarang diadakan setiap tahun dengan tujuan meningkatkan potensi pariwisata di Tenggarong.

Seperti tahun sebelumnya festival ini bertema Erau International Folklore and Art Festival (EIFAF) 2015. Festival ini menggelar International Folklore and Art Festival selain tentu nya mementaskan Erau Adat Kutai. Ada beberapa Negara yang sudah bersedia menghadiri festival tersebut.
Pada EIFAF tahun 2014 ada 11 negara yang ikut hadir di festival tersebut, sehingga tahun ini mengalami peningkatan. Adanya peningkatan delegasi Negara yang mengikuti International Folklore and Art Festival ini tentu membuktikan Festival Erau mulai mendapat tempat di masyarakat internasional.

Negara yang akan menghadiri festival tersebut antara lain Amerika Serikat, Korea Selatan, Malaysia, Rusia, Turki, Hongaria, Italia, Jerman, Polandia, Slovenia, Estonia, Mesir, Afrika Selatan, Latvia, dan Venezuela. Filipina dan Bulgaria adalah dua Negara yang sebelumnya mendaftar akan tetapi mengundurkan diri.

Festival yang dipusatkan di Tenggarong sebagai Ibu Kota Kutai Kartanegara ini juga akan diisi dengan sejumlah pameran di berbagai sudut Kota Tenggarong. Puncak acara pada Festival Erau adalah acara Belimbur. Acara ini diisi dengan saling siram menggunakan air Sungai Mahakam seluruh warga yang mengikuti festival ini. Belimbur ini dirayakan pada hari terakhir Festival Erau.

Itu semua baru sedikit tentang Erau yang saya ceritakan, mau tau tentang Erau selengkapnya? Silahkan datang ke Tenggarong dan rasakan sendiri meriahnya festival ini, bisa foto-foto sama bule juga lho... hehe.
Saya dengan salah satu personil dari delegasi Hawaii
sumber: Erau Erau 2015

0 komentar:

Posting Komentar