Mahasiswa Norak

Kamis, 25 Juni 2015

Indonesia yang Lebih Baik

00.01 Posted by giff No comments
Menciptakan Indonesia yang lebih baik, bisakah?

Indonesia yang lebih baik. Ya, itulah harapan saya, dan tentu itu juga menjadi harapan semua orang. Tapi, bagaimana cara kita mewujudkannya?
 














Menurut saya sih simple, cukup dengan 3 tahapan, yaitu:
  1. Sadari potensi yang kita miliki, lalu kembangkan semaksimal mungkin. Setiap orang pasti memiliki potensi yang berbeda-beda. Tinggal bagaimana kita menyadari dan mau untuk terus mengembangkan potensi yang telah mereka miliki. Jika kita terus mengasah potensi yang kita punya, bukan hal yang tidak mungkin jika kita menjadi seorang ahli. Bayangkan, ada berapa banyak ahli di Indonesia jika kita semua mau melakukan ini.
  2. Negara jangan menyia-nyiakan orang-orang berbakat. Mungkin untuk hal ini, kita semua sudah tau. Berapa banyak orang-orang pintar & berbakat dari Indonesia yang malah 'dimanfaatkan' oleh negara lain? Inilah hal yang sangat memprihatinkan. Orang-orang tersebut bukannya tidak mau mengabdi untuk negara kita, tapi alasan mereka karena Indonesia sendiri tidak begitu memperhatikan dan menghargai apa yang mereka perbuat. 
  3. Apresiasi serta dukungan dari masyarakat. Jika kita telah memiliki banyak ahli, dan negara sudah mampu untuk menggunakan jasa mereka, apa yang bisa membuat kedua hal tersebut menjadi lebih maksimal? Tentunya dukungan dari seluruh masyarakat. Dengan adanya dukungan dari masyarakat, pemerintah dan orang-orang berbakat tadi pasti akan menjadi lebih semangat untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Dukungan yang dimaksud bukanlah dukungan berupa yel-yel, teriakan, dan lain sebagainya. Namun dengan cara menghargai apa yang mereka lakukan dan memberi saran-saran yang bersifat membangun, bukan hanya demo dan kekerasan saja.
Itulah pendapat saya tentang bagaimana menciptakan Indonesia yang lebih baik. Kesimpulannya, jika ketiga faktor (Orang-orang berbakat, Pemerintah, dan Masyarakat) tersebut mampu menjalankan peran mereka dengan baik, bukan hal yang mustahil harapan kita semua akan terwujud.
 

0 komentar:

Posting Komentar