Mahasiswa Norak

Kamis, 25 Juni 2015

Makhluk Sosial (Media)

01.35 Posted by giff No comments
Perkembangan teknologi memang sangat pesat, dan tentu saja hal tersebut membawa dampak positif maupun negatif.
Positif? Ada banyak hal positif dari perkembangan teknologi sekarang. Dalam hal komunikasi, sebut saja Voice Call yang telah berkembang menjadi Video Call. Dalam hal pendidikan, tidak bisa dipungkiri internet sangat membantu para pelajar maupun pengajar dalam mencari materi-materi pendukung. Dan masih banyak manfaat lain dari perkembangan teknologi sekarang.

Eits, jangan senang dulu. Karena ada satu dampak negatif yang sangat berpengaruh besar dengan kehidupan kita, apa itu? Mengurangi kehidupan sosial kita. Manusia yang merupakan makhluk sosial, sekarang kebanyakan menjadi makhluk sosial media. Kenapa? Bisa kita lihat di kehidupan kita sehari-hari. Di tempat umum, dimana seharusnya orang-orang saling berinteraksi satu sama lain namun tidak sedikit dari mereka yang asik dengan gadget mereka masing-masing.

Mungkin ada orang yang memiliki banyak teman di dunia maya, namun pada dunia nyata dia hanya memiliki beberapa orang saja yang bisa disebut teman. Bahkan tidak jarang saat kita berkumpul bersama teman-teman kita, namun tidak ada pembicaraan sama sekali. Semuanya asik dengan dirinya sendiri, ada yang update status, update lokasi, dan upload foto, dan lain sebagainya.

Itu semua merupakan contoh nyata bahwa perkembangan teknologi selain memberikan berbagai macam kemudahan untuk kita, namun tanpa kita sadari juga mengurangi kehidupan sosial kita yang sebenarnya.



0 komentar:

Posting Komentar